Sebuah Langkah Awal

Mediane Nurul Fuadah Jul 19, 2017 Inspirasi, Narakopi
Berbagi Kisah, Berbagi Inspirasi:

Sulawesi adalah salah satu propinsi penghasil kopi terbesar di Indonesia dengan varietas kopi Toraja yang terkenal secara internasional. Tetapi sayang sekali dengan mayoritas mata pencaharian penduduknya sebagai petani kopi dan meningkatnya kebutuhan akan kopi di Indonesia bahkan di dunia, belum ada dampak positif yang signifikan pada kesejahteraan para petani kopi khususnya di Desa Dewata, Sulawesi Selatan dan Desa Minanga, Sulawesi Barat.

Setelah melakukan pendampingan di kedua desa tersebut selama kurang lebih satu tahun, kami mengamati masalah-masalah yang terjadi di sektor hulu. Masalah yang lazim terjadi diantaranya kesulitan akses market karena selama ini distribusinya dikuasai oleh tengkulak yang mengakibatkan sistem pembelian green beans dirasa kurang adil serta minimnya informasi sehingga para petani tidak mengetahui nilai ekonomis komoditas mereka dengan baik termasuk tidak mengetahui cara untuk meningkatkan kualitas kopinya.IMG20160725092920-01

Oleh karena itu Narakopi hadir dan berkomitmen untuk menjadi bagian dari solusi dengan membuka akses market dan informasi selebar-lebarnya untuk peningkatan kualitas kopi serta menerapkan asas fair trade dan keterbukaan di sektor hulu. Di sektor hilir, kami berupaya untuk mempromosikan daerah tempat kopi berasal beserta petaninya dengan menerapkan konsep single farming pada produk roasted beans kami. Kami juga berkomitmen untuk mengalokasikan sebagian dari profit kami untuk mendukung pembangunan di desa. Melalui upaya-upaya di hulu dan hilir, Narakopi berusaha untuk meningkatkan taraf hidup petani, mempromosikan komoditas dan daerah tempat kopi berasal, mendorong kemandirian petani dalam swakelola hasil panen, serta menciptakan kolaborasi yang sinergis dan menguntungkan bagi semua pihak yang terlibat dari hulu ke hilir.

img_16

Tentang Penulis: mnfnotes.wordpress.com

Berbagi Kisah, Berbagi Inspirasi:

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments

    Narashakti