SEBUAH KARYA DARI ADANYA LISTRIK DESA

Darmadi Oct 14, 2016 Inspirasi, Kisah Desa
Berbagi Kisah, Berbagi Inspirasi:

Mas, biar saja kami tidak pernah ke Jakarta, tapi kita pung pikiran harus seperti orang Jakarta, kata Mama Desa. Begitulah semangat seorang warga desa bahwa memang mereka di desa, tetapi mereka juga punya keinginan kuat untuk maju. Lain lagi dengan Bapak Elliyas. Mas, Alor ini kaya, banyak sumber dayanya, tapi lagi-lagi orang jawa, tionghoa, makasar yang punya pemikiran maju untuk kelola ini Alor. Kita orang Alor ju ingin maju Mas. Dong ambil sumber daya, dong olah, lalu jual ke kami orang Alor. Bermodal semangat itulah perlahan saya ajak Bapak Desa dan beberapa warga untuk kelola sumber daya di Desa Manmas. Di mulai dengan agitasi cerita bahwa orang desa bisa berkarya dengan apa yang mereka punya, sampai tontonan video yang bisa membangkitkan semangat tentang karya-karya dari orang desa.

whatsapp-image-2016-10-09-at-5-22-13-pm

Desa Manmas memiliki sumber daya alam berupa kemiri, kopi, singkong, pisang dan umbi-umbian. Hanya saja hasil bumi tersebut biasa dijual mentah-mentah ke tengkulak tanpa diolah terlebih dahulu. Kali ini bersama-sama masyarakat desa saya mencoba mengolah beberapa SDA berupa kopi, singkong dan pisang. Saya coba ajarkan ke petani kopi tentang teknik pasca panen kopi yang baik dari pemetikan, pengeringan, sangrai sampai pengemasan. Kami coba buat olahan untuk pisang dan singkong dengan aneka rasa. Semangat warga desa begitu besar. Tiap dusun ada yang menyumbang kopi, singkong dan pisangnya secara sukarela untuk proses pelatihan. Saya sangat terharu dengan semangat gotong royong masyarakat desa manmas.

whatsapp-image-2016-10-09-at-5-22-07-pm

Hasil pelatihan kemudian dipamerkan di acara Alor Expo 2016. Hasil produknya laku banyak. Bahkan untuk produk kopi sampai ada yang mengantri karena stok sempat habis. Warga kini bisa melihat bahwa mereka punya karya dan karyanya mendapat apresiasi. Mereka bangga dengan apa yang mereka kerjakan. Mas, habis expo ini kita bersama bentuk koperasi untuk kelola ini produk. Supaya masyarakat sedikit-sedikit bisa meningkat kesejahteraannya. Mas, kita harus ajarkan ini ke anak-anak SD untuk pengembangn produk, nanti masukan dalam pelajaran muatanlokal, kata Bapak Kepala Sekolah SD. Mas, saya siap bantu dipemasarannya, sambut Toyan, pemuda desa yang sedang kuliah di Alor. Perjalanan masih panjang, tetapi setidaknya perasaan optimis itu kini timbul dari masyarakat desa, bahwa mereka berdaya dengan apa yang mereka punya. Dari Desa untuk Indonesia.

whatsapp-image-2016-10-09-at-5-22-09-pm

whatsapp-image-2016-10-09-at-5-22-09-pm1

Tentang Penulis:

https://pakdhedarmadi.wordpress.com

Instagram

Twitter

Berbagi Kisah, Berbagi Inspirasi:

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments

Narashakti